8 Mei 2018

1.      Multimedia berasal dari dua suku kata dasar, yaitu Multi yang berarti Banyak/ Jamak dan Media. Pengertian umum yang benar dari Multimedia adalah :
a.      Penggunaan banyak sarana untuk menyampaikan data
b.      Penggunaan banyak jenis media dalam satu data
c.       Penggunaan banyak ragam teknologi dalam menghasilkan data
d.      Integrasi berbagai jenis media, baik teks, image, grafis, audio, video dan animasi dalam satu paket data.

2.      Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaanberbagai media yang berbeda secara terintegrasi, untuk membawa atau menyampaikaninformasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungandari beberapa komponen tersebut.
a.      Definisi Multimedia secara Epistimologi
b.      Definisi Multimedia secara Terminologi
c.       Definisi Multimedia secara Deskriptologi
d.      Definisi Multimedia secara Expertologi


3.      Pemanfaatan Komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi, adalah definisi yang dikemukakan oleh ahli yang bernama
a.      Rosch
b.      Mc. Commick
c.       Turban, et.al
d.      Hofstetter

4.      Teknologi Multimedia, secara garis besar memiliki dua fokus utama, yaitu :
a.      Multimedia Development & Distribution
b.      Multimedia Content Production &Broadcasting
c.       Multimedia Content Design & Communication
d.      Multimedia Content Production & Communication

5.      Pilihlah pernyataan berikut yang tidak benar tentang Media Grafis
a.      Dapat digunakan untuk meringkas dan menyajikan data kompleks
b.      Dengan media grafis, visualisasi data dapat disajikan secara bergerak
c.       Memahami ilustrasi yang ditampilkan dalam media grafis lebih mudah dibandingkan data teks paragraf
d.      Data yang akan ditampilkan pada media grafis dapat diambil dari data speradsheet, teks, audio dan capturing video.

6.      Perkembangan teknologi komputer, telekomunikasi dan digital telah melahirkan teknologi yang disebut dengan Digital Convergence, yaitu :
a.      Berbagai teknologi digital yang dulu berdiri sendiri, mengintegrasi ke dalam satu perangkat teknologi yang dapat menjalankan semua fungsi teknologi sebelumnya.
b.      Teknologi Komputer dan telekomunikasi melahirkan teknologi jaringan komputer
c.       Teknologi Komputer dan teknologi media, melahirkan teknologi jaringan media dan broadcasting
d.      Teknologi komputer, media dan telekomunikasi ke dalam satu teknologi mutakhir, seperti smartphone, tablet, mobile computing.

7.      Dalam penyajian konten multimedia dapat disajikan dalam wujud linier, yang berarti :
a.      Konten dapat diakses secara acak, tanpa harus berurutan dengan dukungan menu yang disediakan
b.      Konten multimedia dapat diakses secara interaktif dan tidak sekuensial
c.       Konten disusun secara berurut dari yang paling sederhana yang berisi informasi dasar, hingga informasi kompleks
d.      Menu konten linier disusun secara hirarkikal

8.      Dalam produksi multimedia, terdapat 5 jenis perangkat utama yang digunakan yaitu :
a.      Perangkat Pemroses, input, output, penyimpan, dan komunikasi
b.      Perangkat Konektor, input, output, penyimpan, dan komunikasi
c.       Perangkat input, output, penyimpan, komunikasi dan duplikasi
d.      Perangkat processor, input, output, penyimpan, dan komunikasi

9.      Multimedia Authorware adalah
a.      Perangkat lunak yang digunakan untuk produksi konten video
b.      Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
c.       Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 3D
d.      Perangkat lunak untuk mengintegrasikan konten multimedia

10.  Media konektor yang dirancang untuk menampilkan data audio dan video dalam kualitas resolusi tinggi adalah :
a.      USB v. 3.0                                                  c. IDE              
b.      HDMI                                                         d. SCSI

11.  Media penyimpan adalah salah satu kebutuhan utama dalam proyek Multimedia, karena akan membutuhkan ruang penyimpan yang besar. Standar media penyimpan yang lahir secara de-facto, hasil konsorsium Sony, Philips dan Toshiba adalah :
a.      Compact Disc (CD)                                    c. Digital Video Disc (DVD)
b.      Bluray Disc                                    d. Digital Versatile Disc (DVD)                                             
12.  Tiga fungsi utama editing dalam pengembangan konten multimedia, menurut Herbert Zettl, yaitu :
a.      Compossing, Editing dan Distribution      c. Combine, Trim dan Build 
b.      Compressesin, Build dan Trigger             d. Collaboration, Deleting dan Build

13.  Memotongbahan multimedia yang ada untuk membuat video akhir sesuai dengan penempatan waktuyang tersedia atau menghapus bahan-bahan yang tidak ada hubungannya dengan konten, disebut dengan
a.      Recording                                                  c. Trim                        
b.      Editing                                                       d. Deleting

14.  Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi pengolah data video yang populer digunakan, kecuali :
a.      Adobe After Effect                                    c. Ulead Video Studio
b.      Adobe Premier                                          d.Nero Burning ROM

15.  Salah satu software yang dapat digunakan untuk membangun paket multimedia interaktif, yang dapat mengintegrasikan teks, audio, video dan image ke dalam satu paket aplikasi produk multimedia adalah :
a.      Adobe Flash                                               c. Adobe Director
b.      Nero Ultra Edition                                     d. Pinnacle Studio Plus

16.  Merencanakan struktur konten yang akan dikembangkan dalam suatu urutan ilutrasi pada suatu proses produksi multimedia disebut dengan :
a.      Storytelling                                                c. Frame History
b.      Skenario                                                    d. Storyboard

17.  Terdapat beberapa elemen konfigurasi utama yang dapat diatur pada kamera, yang akan memberikan hasil maksimal hasil pengambilan gambar, yaitu :
a.      ISO, Diafragma dan White Balance         c. ISO, White Balance dan Flash
b.      ISO, Speed Shooter dan Diafragma       d. ISO, White Balance dan Speed Shooter

18.  Setiap perangkat Multimedia memiliki batas usia pakai, oleh karena itu membutuhkan perawatan yang baik dalam proses pemakaian, agar dapat berusia pakai lebih lama. Langkah awal perawatan dan pemeliharaan perangkat yang dapat dilakukan adalah :
a.      Simpan pada ruang yang kering                           c. Pisahkan piranti mesin inti
b.      Lepaskan baterai                                                 d. Hindari sinar matahari langsung

19.  Sebuah halaman web dasar yang responsif, setidaknya terdiri dari dokumen file berikut
a.      HTML, JavaScript, dan XML                                  c. HTML, JavaScript, PHP
b.      HTML, JavaScript, dan CSS                                 d. HTML, CSS dan PHP

20.  Proses pengembangan Web dapat dilakukan dengan tahapan berikut :
a.      Formulation àPlanning à Design à Engineering à Coding à Testing
b.      Formulation àPlanning à Analysis à Engineering à Coding à Testing
c.       Formulation àPlanning à Design à Coding à Testing à Upgrading
d.      Formulation àPlanning à Analysis à Design à Coding à Testing

21.  Perangkat lunak berikut dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi web pada komputer local, kecuali :
a.      Local Web Server              c. FTP Software.
b.      Web Browser                    d. Database Software

22.  Link yang menunjukkan suatu alamat situs web tertentu pada implementasi Hyperlink HTML disebut dengan :
a.      Link Relatif                                    c. Link Dokumen                    
b.      Link Absolut                     d. Hyperlink text

23.  Menentukan waktu kapan sebuah gerakan harusdilakukan, serta percepatan dan perlambatandari bermacam-macam jenis gerak adalah prinsip animasi tentang :
a.      Secondary Action                                      d. Follow Through and Overlapping Action
b.      Slow in and Slow out                                 e. Timing and Spacing

24.  Perangkat lunak yang populer digunakan dalam membangun aplikasi animasi 2D adalah
a.      Blender                                                     c. Adobe Premier
b.      Camtasia Studio                                        d. Adobe Flash

25.  Komponen Adobe Flash, yang diperlihatkan pada Gambar berikut ini, yang ditunjukkan oleh nomor 3 adalah :
a.      Menu Bar                          c. Timeline                 
b.      Stage                                 d. Panel

26.  Animasi yang memanfaatkan perubahan bentuk dari objek disebut dengan
a.      Masking Animation                       d. Rolling Animation              
b.      Tweening Animation                   e. Transform Animation

27.  View Port merupakan area kerja pada 3Ds Max yang dapat digunakan dalam membangun karakter objek 3D. Hal berikut ini adalah pernyataan yang terkait dengan View Port, kecuali :
a.      Memperlihatkan objek dalam 4 sudut pandang yang berbeda
b.      Menampilkan objek pada sumbu X, Y dan Z
c.       Salah satu sudut dapat digunakan sebagai main object’
d.      Object 3D dapat di rotasi pada semua viewport

28.  Komponen interface bar control yang berfungsi untuk menentukan lokasi frame objek secara cepat dan sepesifik dari interface 3Ds Max adalah :
a.      Track Bar                          c. Time Slider            
b.      Command Panel               d. Track Bar

29.  Dalam menggunakan pemodelan objek 3D, terdapat beberapa essential skill yang harus dimiliki oleh seorang 3D desainer, yaitu :
a.      Use Interface and Viewport Navigation, Create object, Editing Object, Assign Material, Setup Light & Camera, and Animation
b.      Use Interface and Viewport Navigation, Create object, Editing Object, import object, Setup Light & Camera, and Animation
c.       Use Interface and Viewport Navigation, Build object, Imaging Object, Assign Material, Setup Light & Camera, and Animation
d.      Use Interface and Viewport Navigation, Create object, Rendering Object, Assign Material, Setup Light & Camera, and Animation

30.  Efek khusus yang diberikan pada sebuah objek 3D dengan 3Ds Max, yang mencakup latar background dan posisi relatif object terhadap latar disebut dengan :
a.      Background effect            c. Environment Effect                      
b.      Relative effect                  d. Still Effect

31.  Penempatan objek yang dominan pada sebuah bidang dalam ilmu desain grafis disebut dengan :
a.      Object placement                                                 c. Clarity
b.      White Space                                             d. Ambiguity
(-24)
32.  Yang termasuk ke dalam objek 3 dimensi dari gambar berikut ini adalah :
a.                                           c.
b.                                             d.

(-7)

33.  Kertas merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan dalam mengiplementasikan karya yang terkait bidang dan ruang. Karakteristik kertas yang berkaitan erat dengan bidang dan ruang adalah :
a.      Menyerap air                                            c. Hidroskopik
b.      Mudah terbakar                                        d. Lentur
(-20)
34.  Prinsip-prinsip desain yang berhubungan dengan metoda yang digunakan untuk menarik perhatian audien disebut dengan :
a.      Balance                                         c. Dominant
b.      Proprtion                                       d. Clarity
(-12)

35.  Perhatikan ilustrasi berikut ini :
Fungsi integrasi produk-produk multimedia pada elemen processing dijalankan oleh perangkat :
a.       Video Processor
b.      Mixer
c.        Multimedia Composer
d.      Multimedia Computer





36.  Perangkat konektor yang populer digunakan  untuk penghubung fisik dan pertukaran data antara komputer dan periperal, yang biasanya digunakan untuk pertukaran data ke media penyimpan (storage) adalah :
a.      Integrated Drive Electronic (IDE)                         c. Universal Serial Bus (USB)
b.      Small Computer System Interface (SCSI)                      d. Media Control Interface (MCI)
(-25)

37.  Perangkat input pada sistem multimedia, digunakan untuk mengubah informasi dari lingkungan luar komputer untuk dapat diolah dan dijadikan produk multimedia yang berada dibawah kendali seorang pengguna. Yang menjadi perangkat input utama pada perangkat komputer multimedia adalah :
a.      Perangkat Pointing                                               c. Keyboard
b.      Perangkat Input gambar                                       d. Perangkat Input Audio
(-9)

38.  Langkah awal yang dilakukan dalam proses pre-production multimedia, yaitu :
a.      Merencanakan Produk                                         c. Penyusunan Proposal
b.      Perencanaan Proses Produksi                               d. Pembuatan Tim Produksi
(-16)

39.  Prototype development merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam pengembangan produk-produk multimedia, dengan tujuan untuk memberikan contoh dsar produk yang dapat dihasilkan oleh tim pengembang. Pengembangan Prototype ini merupakan bagian dari langkah produksi multimedia yang berada dalam tahapan :
a.      Pre-Production                            c. Post-Production
b.      Production                                     d. Product Distribution
(-20)

40.  Produk Multimedia yang dihasilkan pada tahapan Production,  yang merupakan hasil dari proses integrasi produk-produk multimedia disebut dengan :
a.      Prototype version                          c. Alpha version
b.      Beta Version                                 d. Distribution version
(-24)

41.  Melakukan revisi software dan konten multimedia berdasarkan hasil evaluasi adalah langkah kerja yang dilakukan pada produksi multimedia, barada pada tahapan :
a.      Pre-Production                              c. Post-Production
b.      Production                                   d. Product Distribution
(-28)

42.  Produk final pasca produksi multimedia yang siap untuk didistribusikan disebut dengan :
a.      Prototype version                          c. Alpha version
b.      Beta Version                                 d. Golden master
(-8)

43.  Penggabungan produk multimedia untuk mencapai perpaduan dan kesatuan yang selaras dari bahan yang digunakan, merupakan kegiatan editing yang masuk dalam proses :
a.      Memangkas (trim)                                    d. Membangun (build)
b.      Menggabungkan (combine)       e. Menggabungkan (Integrated)
(-11)


44.  Pengaturan gerak suatu objek berdasarkan posisi objek pada frame by frame, merupakan ciri-ciri dari produk multimedia :
a.      Graphic                             c. Animasi
b.      Film                                   d. Foto

45.  Sebuah karya grafis merupakan pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual yang terdiri dari :
a.      Titik, garis, bidang dan warna                  c. Titik, garis, bidang dan sudut
b.      Titik, garis, bidang dan tekstur              e. Titik, garis, bidang dan cahaya
(-14)

46.  Perangkat multimedia yang digunakan, sebaiknya dikontrol secara berkala dengan menggunakan kartu kontrol. Informasi dasar yang tersedia pada kartu kontrol yang terkait dengan perangkat yang dikontrol adalah :
a.      Nomor kartu                                             c. Waktu Pemakaian
b.      Tanggal Pembelian                                   d. Identitas Perangkat
(-16)

47.  Struktur dasar sebuah halaman web, terdiri dari tag-tag dasar HTML, yaitu :
a.      <HTML>,<HEAD>,<TITLE>                        c. <HTML>,<TITLE>,<BODY>
b.      <HTML>,<HEAD>,<BODY>                       d. <HTML>,<BODY>,<TITLE>
(-16)

48.  Orang yang berperan dalam mentrasformasikan kebutuhan pengguna menjadi rancangan aplikasi web, yang dapat diimplementasikan disebut dengan :
a.      Web Designer                                           d. Web Developer
b.      Web Programmer                                     e. Web Analis
(-24)

49.  Format teks HTML yang digunakan pada aplikasi web yang digunakan untuk menampilkan dokumen teks adalah :
a.      Heading                                                     c. Paragraf
b.      Fonts                                                          d. Karakter khusus
(-24)

50.  Proses pengubahan format objek dari file project menjadi produk projek vidual 3 dimensi disebut dengan :
a.      Rigging                              c. Formating
b.      Rendering                         d. Converting

(-20)

 
Copyright 2014 :: MATERI PEMBELAJARAN ::
ReDesign : :: MATERI PEMBELAJARAN :: | Support : Blogger