1.
Multimedia berasal dari dua suku kata dasar, yaitu Multi yang berarti
Banyak/ Jamak dan Media. Pengertian umum yang benar dari Multimedia adalah :
a. Penggunaan banyak sarana untuk menyampaikan
data
b. Penggunaan banyak jenis media dalam satu data
c. Penggunaan banyak ragam teknologi dalam
menghasilkan data
d.
Integrasi berbagai jenis media, baik teks,
image, grafis, audio, video dan animasi dalam satu paket data.
2.
Multimedia dapat diartikan sebagai
penggunaanberbagai media yang berbeda secara terintegrasi, untuk membawa atau
menyampaikaninformasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau
gabungandari beberapa komponen tersebut.
a.
Definisi Multimedia secara Epistimologi
b.
Definisi Multimedia secara Terminologi
c.
Definisi Multimedia secara Deskriptologi
d.
Definisi Multimedia secara Expertologi
3.
Pemanfaatan Komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,
grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan
pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi, adalah definisi yang dikemukakan oleh ahli yang bernama
a.
Rosch
b.
Mc. Commick
c.
Turban, et.al
d. Hofstetter
4.
Teknologi Multimedia, secara garis besar memiliki dua fokus utama, yaitu :
a. Multimedia Development & Distribution
b. Multimedia Content Production &Broadcasting
c. Multimedia Content Design & Communication
d.
Multimedia Content Production &
Communication
5.
Pilihlah pernyataan berikut yang tidak benar tentang Media Grafis
a. Dapat digunakan
untuk meringkas dan
menyajikan data kompleks
b.
Dengan media grafis, visualisasi data dapat disajikan
secara bergerak
c. Memahami ilustrasi yang ditampilkan dalam
media grafis lebih mudah dibandingkan data teks paragraf
d. Data yang akan ditampilkan pada media grafis
dapat diambil dari data speradsheet, teks, audio dan capturing video.
6.
Perkembangan teknologi komputer, telekomunikasi dan digital telah
melahirkan teknologi yang disebut dengan Digital
Convergence, yaitu :
a.
Berbagai teknologi digital yang dulu berdiri
sendiri, mengintegrasi ke dalam satu perangkat teknologi yang dapat menjalankan
semua fungsi teknologi sebelumnya.
b. Teknologi Komputer dan telekomunikasi
melahirkan teknologi jaringan komputer
c. Teknologi Komputer dan teknologi media,
melahirkan teknologi jaringan media dan broadcasting
d. Teknologi komputer, media dan telekomunikasi
ke dalam satu teknologi mutakhir, seperti smartphone, tablet, mobile computing.
7.
Dalam penyajian konten multimedia dapat disajikan dalam wujud linier, yang
berarti :
a. Konten dapat diakses secara acak, tanpa harus
berurutan dengan dukungan menu yang disediakan
b. Konten multimedia dapat diakses secara
interaktif dan tidak sekuensial
c.
Konten disusun secara berurut dari yang
paling sederhana yang berisi informasi dasar, hingga informasi kompleks
d. Menu konten linier disusun secara hirarkikal
8.
Dalam produksi multimedia, terdapat 5 jenis perangkat utama yang digunakan
yaitu :
a. Perangkat Pemroses, input, output, penyimpan,
dan komunikasi
b.
Perangkat Konektor, input, output, penyimpan,
dan komunikasi
c. Perangkat input, output, penyimpan,
komunikasi dan duplikasi
d. Perangkat processor, input, output,
penyimpan, dan komunikasi
9.
Multimedia Authorware adalah
a. Perangkat lunak yang digunakan untuk produksi
konten video
b. Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan
Grafik 2D
c. Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan
Grafik 3D
d.
Perangkat lunak untuk mengintegrasikan konten
multimedia
10.
Media konektor yang dirancang untuk menampilkan data audio dan video dalam
kualitas resolusi tinggi adalah :
a. USB v. 3.0 c.
IDE
b. HDMI d.
SCSI
11.
Media penyimpan adalah salah satu kebutuhan utama dalam proyek Multimedia,
karena akan membutuhkan ruang penyimpan yang besar. Standar media penyimpan
yang lahir secara de-facto, hasil
konsorsium Sony, Philips dan Toshiba adalah :
a. Compact Disc (CD) c. Digital Video Disc (DVD)
b. Bluray Disc
d.
Digital Versatile Disc (DVD)
12.
Tiga fungsi utama editing dalam pengembangan konten multimedia, menurut
Herbert Zettl, yaitu :
a. Compossing, Editing dan Distribution c. Combine,
Trim dan Build
b. Compressesin, Build dan Trigger d. Collaboration, Deleting dan
Build
13. Memotongbahan multimedia yang ada untuk membuat video akhir
sesuai dengan penempatan waktuyang tersedia atau menghapus bahan-bahan yang
tidak ada hubungannya dengan konten, disebut dengan
a.
Recording c.
Trim
b.
Editing d.
Deleting
14.
Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi pengolah data
video yang populer digunakan, kecuali :
a.
Adobe After Effect c. Ulead Video Studio
b.
Adobe Premier d.Nero Burning ROM
15.
Salah satu software yang dapat digunakan untuk
membangun paket multimedia interaktif, yang dapat mengintegrasikan teks, audio,
video dan image ke dalam satu paket aplikasi produk multimedia adalah :
a.
Adobe Flash c.
Adobe Director
b.
Nero Ultra Edition d. Pinnacle Studio Plus
16.
Merencanakan struktur konten yang akan
dikembangkan dalam suatu urutan ilutrasi pada suatu proses produksi multimedia
disebut dengan :
a.
Storytelling c.
Frame History
b.
Skenario d.
Storyboard
17.
Terdapat beberapa elemen konfigurasi utama yang
dapat diatur pada kamera, yang akan memberikan hasil maksimal hasil pengambilan
gambar, yaitu :
a.
ISO, Diafragma dan White Balance c. ISO, White Balance dan Flash
b.
ISO, Speed Shooter
dan Diafragma d. ISO, White Balance dan Speed
Shooter
18.
Setiap perangkat Multimedia memiliki batas usia
pakai, oleh karena itu membutuhkan perawatan yang baik dalam proses pemakaian,
agar dapat berusia pakai lebih lama. Langkah awal perawatan dan pemeliharaan
perangkat yang dapat dilakukan adalah :
a.
Simpan pada ruang yang kering c. Pisahkan piranti
mesin inti
b.
Lepaskan baterai d. Hindari sinar matahari langsung
19.
Sebuah halaman web dasar yang responsif,
setidaknya terdiri dari dokumen file berikut
a.
HTML, JavaScript, dan XML c. HTML, JavaScript, PHP
b.
HTML, JavaScript, dan
CSS d. HTML, CSS dan PHP
20.
Proses pengembangan
Web dapat dilakukan dengan tahapan berikut :
a.
Formulation àPlanning à Design à Engineering à Coding à Testing
b.
Formulation àPlanning à Analysis à Engineering à Coding à Testing
c.
Formulation àPlanning à Design à Coding à Testing à Upgrading
d.
Formulation àPlanning à Analysis à Design à Coding à Testing
21.
Perangkat lunak berikut dibutuhkan dalam
pengembangan aplikasi web pada komputer local, kecuali :
a.
Local Web Server c.
FTP Software.
b.
Web Browser d.
Database Software
22.
Link yang menunjukkan suatu alamat situs web
tertentu pada implementasi Hyperlink HTML disebut dengan :
a.
Link Relatif c.
Link Dokumen
b.
Link Absolut d. Hyperlink text
23. Menentukan waktu kapan sebuah gerakan
harusdilakukan, serta percepatan dan
perlambatandari bermacam-macam jenis gerak adalah prinsip
animasi tentang :
a.
Secondary Action d.
Follow
Through and Overlapping Action
b.
Slow in and Slow out e. Timing and Spacing
24.
Perangkat lunak yang populer digunakan dalam
membangun aplikasi animasi 2D adalah
a.
Blender c.
Adobe Premier
b.
Camtasia Studio d.
Adobe Flash
25.
Komponen Adobe Flash, yang diperlihatkan pada Gambar
berikut ini, yang ditunjukkan oleh nomor 3 adalah :
a.
Menu Bar c. Timeline
b.
Stage d.
Panel
26.
Animasi yang memanfaatkan perubahan bentuk dari
objek disebut dengan
a.
Masking Animation d.
Rolling Animation
b.
Tweening Animation e. Transform Animation
27.
View Port merupakan area kerja pada 3Ds Max yang
dapat digunakan dalam membangun karakter objek 3D. Hal berikut ini adalah
pernyataan yang terkait dengan View Port, kecuali :
a.
Memperlihatkan objek dalam 4 sudut pandang yang
berbeda
b.
Menampilkan objek pada sumbu X, Y dan Z
c.
Salah satu sudut dapat digunakan sebagai main
object’
d.
Object 3D dapat di
rotasi pada semua viewport
28.
Komponen interface bar control yang berfungsi
untuk menentukan lokasi frame objek secara cepat dan sepesifik dari interface
3Ds Max adalah :
a.
Track Bar c.
Time Slider
b.
Command Panel d.
Track Bar
29.
Dalam menggunakan pemodelan objek 3D, terdapat
beberapa essential skill yang harus dimiliki oleh seorang 3D desainer, yaitu :
a.
Use Interface and
Viewport Navigation, Create object, Editing Object, Assign Material, Setup
Light & Camera, and Animation
b.
Use Interface and Viewport Navigation, Create
object, Editing Object, import object, Setup Light & Camera, and Animation
c.
Use Interface and Viewport Navigation, Build
object, Imaging Object, Assign Material, Setup Light & Camera, and
Animation
d.
Use Interface and Viewport Navigation, Create
object, Rendering Object, Assign Material, Setup Light & Camera, and
Animation
30.
Efek khusus yang diberikan pada sebuah objek 3D
dengan 3Ds Max, yang mencakup latar background dan posisi relatif object
terhadap latar disebut dengan :
a.
Background effect c.
Environment Effect
b.
Relative effect d.
Still Effect
31.
Penempatan objek yang dominan pada sebuah bidang dalam ilmu desain grafis
disebut dengan :
a. Object placement c. Clarity
b.
White Space d. Ambiguity
(-24)
32.
Yang termasuk ke dalam objek 3 dimensi dari gambar berikut ini adalah :
a. c.
b. d.
(-7)
33.
Kertas merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan dalam
mengiplementasikan karya yang terkait bidang dan ruang. Karakteristik kertas
yang berkaitan erat dengan bidang dan ruang adalah :
a. Menyerap air c.
Hidroskopik
b. Mudah terbakar d. Lentur
(-20)
34.
Prinsip-prinsip desain yang berhubungan dengan metoda yang digunakan untuk
menarik perhatian audien disebut dengan :
a. Balance c.
Dominant
b. Proprtion d.
Clarity
(-12)
35.
Perhatikan ilustrasi berikut ini :
Fungsi integrasi produk-produk multimedia pada elemen
processing dijalankan oleh perangkat :
a.
Video Processor
b.
Mixer
c.
Multimedia Composer
d. Multimedia Computer
36.
Perangkat konektor yang populer digunakan
untuk penghubung fisik dan pertukaran data antara komputer dan
periperal, yang biasanya digunakan untuk pertukaran data ke media penyimpan (storage) adalah :
a. Integrated Drive Electronic (IDE) c. Universal Serial Bus
(USB)
b. Small Computer System Interface (SCSI) d.
Media Control Interface (MCI)
(-25)
37.
Perangkat input pada sistem multimedia, digunakan untuk mengubah informasi
dari lingkungan luar komputer untuk dapat diolah dan dijadikan produk
multimedia yang berada dibawah kendali seorang pengguna. Yang menjadi perangkat
input utama pada perangkat komputer multimedia adalah :
a. Perangkat Pointing c. Keyboard
b. Perangkat Input gambar d. Perangkat Input Audio
(-9)
38.
Langkah awal yang dilakukan dalam proses pre-production multimedia, yaitu :
a. Merencanakan Produk c. Penyusunan Proposal
b. Perencanaan Proses Produksi d. Pembuatan Tim
Produksi
(-16)
39.
Prototype development merupakan salah satu pendekatan yang dapat
digunakan dalam pengembangan produk-produk multimedia, dengan tujuan untuk
memberikan contoh dsar produk yang dapat dihasilkan oleh tim pengembang.
Pengembangan Prototype ini merupakan bagian dari langkah produksi multimedia
yang berada dalam tahapan :
a. Pre-Production c. Post-Production
b. Production d. Product
Distribution
(-20)
40.
Produk Multimedia yang dihasilkan pada tahapan Production, yang merupakan
hasil dari proses integrasi produk-produk multimedia disebut dengan :
a. Prototype version c. Alpha
version
b. Beta Version d.
Distribution version
(-24)
41.
Melakukan revisi software dan konten multimedia berdasarkan hasil evaluasi
adalah langkah kerja yang dilakukan pada produksi multimedia, barada pada
tahapan :
a. Pre-Production c. Post-Production
b. Production d.
Product Distribution
(-28)
42.
Produk final pasca produksi multimedia yang siap untuk didistribusikan
disebut dengan :
a. Prototype version c. Alpha version
b. Beta Version d. Golden master
(-8)
43.
Penggabungan produk multimedia untuk mencapai perpaduan dan kesatuan yang
selaras dari bahan yang digunakan, merupakan kegiatan editing yang masuk dalam
proses :
a. Memangkas (trim) d. Membangun (build)
b. Menggabungkan (combine) e. Menggabungkan (Integrated)
(-11)
44.
Pengaturan gerak suatu objek berdasarkan posisi objek pada frame by frame, merupakan ciri-ciri
dari produk multimedia :
a. Graphic c.
Animasi
b. Film d.
Foto
45.
Sebuah karya grafis merupakan pengorganisasian atau penyusunan
elemen-elemen visual yang terdiri dari :
a. Titik, garis, bidang dan warna c. Titik, garis, bidang dan
sudut
b. Titik, garis, bidang dan tekstur e. Titik, garis, bidang
dan cahaya
(-14)
46.
Perangkat multimedia yang digunakan, sebaiknya
dikontrol secara berkala dengan menggunakan kartu kontrol. Informasi dasar yang tersedia pada kartu kontrol
yang terkait dengan perangkat yang dikontrol adalah :
a.
Nomor kartu c.
Waktu Pemakaian
b.
Tanggal Pembelian d.
Identitas Perangkat
(-16)
47.
Struktur dasar sebuah halaman web, terdiri dari
tag-tag dasar HTML, yaitu :
a.
<HTML>,<HEAD>,<TITLE> c.
<HTML>,<TITLE>,<BODY>
b.
<HTML>,<HEAD>,<BODY> d. <HTML>,<BODY>,<TITLE>
(-16)
48.
Orang yang berperan dalam mentrasformasikan
kebutuhan pengguna menjadi rancangan aplikasi web, yang dapat diimplementasikan
disebut dengan :
a.
Web Designer d.
Web Developer
b.
Web Programmer e.
Web Analis
(-24)
49.
Format teks HTML yang digunakan pada
aplikasi web yang digunakan untuk menampilkan dokumen teks adalah :
a.
Heading c.
Paragraf
b.
Fonts d.
Karakter khusus
(-24)
50.
Proses pengubahan format objek dari file project
menjadi produk projek vidual 3 dimensi disebut dengan :
a.
Rigging c.
Formating
b.
Rendering d. Converting
(-20)